Pencarian

APLIKASI PROCESS HACKER

Process Hacker


Mendengar nama aplikasi ini terbayang bahwa dengan aplikasi ini kita bisa menghack komputer lain, ternyata bukan seperti itu fungsinya. Istilah hacker yang dimaksud dari aplikasi ini adalah penggunaan kita pada aplikasi ini sudah pada taraf mengerti akan system komputer.


Kadangkala kita mengalami permasalahan komputer hang, pada saat kita buka aplikasi dan biasanya kita langsung membuka task manager bawaan dari windows (ctrl+alt+del) untuk melakukan end process. Untuk solusi seperti itu secara teknis sudah cukup. , sebut saja Process Hacker (PH). Aplikasi ini memberikan informasi yang lebih lengkap dari task manager. Apa saja yang bisa kita dapatkan dari PH ini :

Proses Monitoring

Apabila di task manager ada namanya tab processes di PH pun ada akan tetapi untuk berbeda untuk penampilannya yaitu tampilan model tree dimana setiap proses aplikasi yang berjalan, bagian-bagian proses yang bekerjanya berkaitan  pada aplikasi tersebut juga akan terlihat lebih detail (sebelumnya kita aktifkan terlebih dahulu fitur Show all processes), ibaratnya kalau kita membuka windows explorer kita bisa melihat seluruh isi data komputer dari folder hingga sub folder. Proses aplikasi yang aktif dan tidak aktif dapat terlihat dengan jelas dengan highlight (memberikan warna yang berbeda antara keduanya). Kita masuk pada Hacker-> Option->Highlighting. Fitur ini berguna untuk pemantauan apakah program ini berperan dalam proses sebuah sistem atau program prioritas dan lain-lain.

Proses Service

Pada tab services PH semua service-service windows yang sedang aktif ditampilkan secara keseluruhan.  Bedanya dengan Task Manager Windows adalah bisa melihat service dengan lebih detail hanya dengan menekan enter pada item proses servicesnya.  Hal ini bisa memudahkan kita untuk memeriksa atau melacak kemungkinan adanya aplikasi yang mencurigakan sedang berjalan. Contohnya saja spooler dimana service ini mengatur tentang printing. Pada saat service ini tidak aktif maka kita tidak akan melakukan proses cetak-mencetak. Masih banyak contoh-contoh service yang lain sepertinya jalannya driver setiap perangkat, mengatur jaringan dan lain-lain.

Monitor Jaringan (network)

Pada menu tab network kita bisa melihat daftar aplikasi yang terkoneksi ke jaringan.  PH menyajikan tampilan port, tujuan, dan IP lokal. Uniknya kita bisa melihat aplikasi yang mencurigakan ketika terhubung oleh internet dengan cara klik kanan dan close.

Fitur-fitur lain dari PH ini adalah :

  1. Bisa Menemukan handles dan hook.dll
  2. Informasi lebih banyak seperti PID, PVT, memory, IO Total, CPU dan lain-lain
  3. Mampu menginspect PE file
  4. Menunjukkan hidden process

Sumber :
Server Pulsa
Fast N Cheap

Artikel yang lain :

1 komentar:

muhammad muhafizhin mengatakan...

makasih atas informasinya, sangat bermanfaat