Pencarian

MENGENAL OPERATING SYSTEM SMARTPHONE

Logo OS Smartphone

Apa sih Operating System (OS) itu ? Apa OS yang digunakan oleh smartphone anda ? Jangan hanya bisa menggunakan saja, yuk kenali OS yang kita gunakan.


Android


OS ini adalah produk Android yang kemudian dibeli oleh google Inc dan merupakan system  operasi open source sehingga Anda mendapat berbagai kemudahan untuk mengutak-atik aplikasinya. Smartphone pertama yang menggunakan Android adalah HTC Dream,  rilis pada tanggal 22 Oktober 2008, selanjutnya Android mengeluarkan Android 1.1 pada 9 Maret 2009, yang memperbarui aplikasi jam, alarm, voice, search, pengiriman pesan pada gmail, dan pemberitahuan email. Mei 2009, google kembali mengeluarkan Android 1.5 (Cupcake) yang memberi fasilitas video upload ke youtube dan edit gambar dengan picasa serta beberapa fungsi tambahan lainnya.  Berikutnya, perkembangan versi android semakin cepat, Android versi 1.6 (Donut) dirilis pada September 2009, diikuti Android versi 2.0/2.1 (Éclair) pada 3 Desember 2009, kemudian pada 20 Mei 2010, Android versi 2.2 (Froyo) diluncurkan. Pada 6 Desember 2010, Android Versi 2.3 (Gingerbread) diluncurkan, diikuti Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb) yang dirancang khusus untuk tablet dirilis pada awal 2011. Android versi 4.0 (Ice cream sandwich) yang diluncurkan 19 Oktober 2011. Berikutnya adalah android versi 4.1 (Jelly Bean). Dan OS ini pastinya akan terus berkembang, dikarenakan google punya visi kuat untuk terus berinovasi.  Android digunakan oleh berbagai produsen smartphone seperti Samsung, HTC, Motorola, Sony Ericsson, LG, Huawei dan lain-lain. 

Blackberry

Pengguna Blackberry (BB) pastinya sudah tahu bahwa BB menggunakan Blackberry OS yang memang didesain khusus oleh Research In Motion (RIM) untuk BB. OS ini closed source, tidak dipakai oleh produsen lain hanya khusus BB saja sehingga membatasi usernya dalam menambah aplikasi. OS ini berkembang dengan versi angka seperti versi 4, 5 dan seterusnya. BB menyediakan aplikasi gratis maupun yang berbayar Blackberry Aplication Store. Salah satu andalan utama aplikasi BB adalah BBM (Blackberry Messenger) dimana aplikasi ini punya terobosan khusus diantaranya chat dengan bentuk tulisan emoticon modifikasi yang lebih unik sehingga user bisa mengekspresikan komunikasi emosionalnya.

iOS

Sistem Operasi ini hanya terdapat pada produk-produk keluaran perusahaan apple. Sifatnya closed source. Awalnya OS ini hanya dikembangkan untuk iPhone saja akan tetapi sesuai dengan perkembangan pasar dan teknologi diperluas pada perangkat apple yang lainnya seperti iPod Touch, iPad dan Apple TV. Dilihat dari perkembangannya mulai awal sampai saat ini antara gadget produk apple yang satu dengan yang lain yang menggunakan iOS memiliki perkembangan unik sendiri-sendiri sehingga memunculkan persaingan diantara gadget-gadget tersebut. Keunggulan utama OS ini adalah sangat sulit diserang virus, sangat user friendly, dan mempunyai kestabilan yang baik. 

Symbian OS

OS ini sangat banyak digunakan oleh berbagai produsen smartphone dan sahamnya dibagi bersama oleh produsen-produsen smartphone seperti Nokia, Sony Ericsson dan lain-lain. OS ini berkembang besar sebelum Android membahana. Sejarah selanjutnya Symbian digunakan secara penuh dan closed source oleh Nokia pada tanggan 24 Juni 2008. OS ini mirip seperti sistem operasi desktop, mampu melakukan operasi secara multithreading, multitasking, dan pengamanan terhadap memori.

Windows Phone

Windows Phone sebelumnya bernama Phone 7 series yang digunakan pada sistem operasi genggam pengembangan microsoft, dan merupakan pengganti dari windows mobile. Microsoft meperkenalkan Windows Phone pada tanggal 15 Februari 2010 di pameran MWC, Barcelona. Sistem ini dirilisi di Amerika Serikat pada tanggal 8 November 2010. Windows Phone mendukung sampai 25 bahasa. Pada tanggal 11 Februari 2011 di London, CEO Microsoft Steve Ballmer dan CEO Nokia Stephen Elop mengumumkan kerjasama diantara kedua perusahaan, dimana Windows Phone akan menjadi OS utama pada ponsel genggam buatan Nokia, dan tidak lagi menggunakan symbian. Hal ini merupakan strategi terobosan Nokia untuk bersaing dengan Operating System Android, BB, dan iOS.

Sumber :
Catatan Asumsi
AXISInfo

Artikel yang lain

Evolusi Teknologi Telekomunikasi (bag.1)
Evolusi Teknologi Telekomunikasi (bag.2)

Tidak ada komentar: