Pencarian

PERANG FACEBOOK-GOOGLE TERUS BERLANJUT


Perang Facebook-Google


Mengapa saya membahas kompetisi 2 website ini ? dikarenakan Pertarungan kompetisi 2 website besar dunia ini benar-benar menampakkan warna-warni pencerahan perkembangan internet dunia. Bagaimana tidak, 2 website tersebut berusaha untuk melakukan inovasi-inovasi pada fitur website dimana fokus utamanya adalah untuk meraup perhatian pengguna internet seluruh dunia.


Beberapa berita menyebutkan beberapa website besar salah satunya google  memang sudah melihat gelagat facebook yang perkembangannya begitu pesat sejak diciptakannya tahun 2004 silam, dengan manawarkan membeli facebook tahun 2007, akan tetapi Mark Zuckerberg menolak dan mengatakan facebook tidak akan dijual karena visi dan misinya yang begitu kuat yaitu ingin menghubungkan orang-orang di seluruh dunia dan membuat dunia menjadi lebih terbuka.

Perkembangan selanjutnya untuk mempertahankan website peringkat satu dunia, google membuat situs jejaring sosial terbaru yang dinamakan GOOGLE PLUS yang diluncurkan pada tanggal 28 Juni 2011 dengan system uji coba. Pengguna google plus pada hari itu diijinkan untuk merekrut teman-temannya yang berusia diatas 18 tahun namun sehari kemudian dihentikan Karena akun semakin melonjak jumlahnya.

Login Google Plus

Fitur-fiturnya dibuat dari inspirasi menggabungkan antara Facebook, Linkedin dan Twitter antara lain konsep keanggotaannya diambil dari konsep twitter yaitu ketika kita menarik atau meminta seseorang walaupun belum diterima oleh orang tersebut tetapi kita sudah bisa melihat profil orang tersebut yang bersifat global begitupula dengan statusnya yang diumumkan secara public (tanpa batas). Fitur ini diistilahkan dalam google plus adalah circle. 

Kemudian konsep +1 google plus diambil dari konsep “like” facebook. Konsep dari twitter dan Linkedin mengenai topik pembahasan diskusi yang sedang hangat dan member bisa langsung mengidentifikasi,menghubungkan antar topik dan join dalam diskusi tersebut. Fitur ini disebut sparks. Lalu ada yang namanya hangouts, dimana fitur ini memfasilitasi video conference berkelompok dengan maksimal 10 orang dalam hangout tunggal pada setiap titik waktu. Akan tetapi,siapapun di web ini punya kesempatan untuk join dengan hangout apabila memiliki URL yang unik dari hangout tersebut. Dan masih banyak lagi fitur-fitur yang ditawarkan google plus seperti stream, instan upload (khusus ponsel android), dan kita bisa mencoba dengan mengunjungi URL plus.google.com

Kompetisi terus berlanjut, melihat google membuat jejaring sosial, facebook tidak kalah juga inovasinya dengan membuat mesin pencari yang diperkenalkan dengan nama  GRAPH SEARCH dan telah diumumkan versi beta pada tanggal 16 januari 2013. Kita dapat mencoba produk facebook ini di link facebook.com/Graphsearch
dan login dengan user account facebook kita.

Graph Search

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan bahwa Graph Search ini sangat berbeda jauh dengan google, desain web search (contohnya google) didesain untuk mencari query yang terbuka dan memberikan kita hubungan atau tautan ke jawaban yang bisa jadi benar apa yang kita maksud. Sedangkan Graph Search (GS) melakukan pencarian query yang tepat dan memberikan kita jawaban daripada memberikan penyediaan jawaban tautan yang masih mungkin benar. 

Contoh untuk penerapan GS, kata kunci “siapa teman saya yang tinggal di Indonesia?” atau “Rumah makan apa saja yang terdapat di Surabaya”? secara otomatis system akan mencari jawaban pertanyaan dari miliaran data yang ada di basis data facebook bukan dari tempat lain. Kita juga bisa mencari info mengenai minat dan profesi. Bahkan ke depan GS ini bisa menjadi referensi perusahaan dalam menilai perekrutan performance karyawan. Bagi para pengguna facebook, setelah adanya fitur ini diharapkan bisa lebih bijak dalam status atau comment karena itulah yang menampakkan diri kita yang sebenarnya. 


Sumber:
  • Catatan Asumsi
  • Kompas
  • Wikipedia


Artikel yang lain :



Tidak ada komentar: